Sasaran dan Strategi Program Studi Ners

Admission

Tujuan

Sasaran

Strategi

Baseline

2015

Tahapan pencapaian

 

2016

2017

2018

2019

2020

  1. Menghasilkan lulusan sarjana keperawatan yang menguasai teori dan konsep ilmu keperawatan khususnya keperawatan kritis

 

  1. Tersusun dan terlaksananya kurikulum standar nasional dan mengacu pada KKNI
    1. Workshop penyusunan kurikulum

    1. Penyusunan dan pengesahan kurikulum baru

    1. Sosialisasi kurikulum

    1. Pelaksanaan kurikulum

    1. Melengkapi dan menyempurnakan modul dan SAP

    1. Melengkapi dan menyempurnakan sumber belajar

    1. Workshop pengembangan metode pembelajaran (SCL)

    1. Evaluasi dan peninjauan kurikulum

9. Sistem evaluasi pembelajaran  menggunakan ICT

LAN

LAN

WAN

WAN

WAN

WAN

  1. SDM yang kompeten dan unggul
  1. Dosen berpendidikan minimal S2

95 %

100%

100%

100%

100%

100%

  1. Dosen berpendidikan S3

11%

11%

43%

  1. Dosen memiliki kepangkatan minimal lector

29%

38%

57%

95%

100%

100%

  1. Dosen memiliki sertifikat (serdos)

19%

28%

38%

50%

75%

100%

5.    TOT : E-learning/Moodle

6.    Lecturer exchange

  1. Tenaga kependidikan memiliki jenjang minimal S1

 

90%

90%

95%

95%

95%

95%

  1. Sarana dan prasarana
  1. Perpustakaan yang representatif (ketersediaan buku sesuai dengan kebutuhan)

90%

95%

100%

100%

100%

100%

  1. Pengembangan perpustakaan sistem online termasuk e-library

  1. Perpustakaan dengan e-book dan e-jurnal

e-book=45 e-journal=

10

 

e-book=

45 e-journal=15

 

e-book=

50 e-journal=20

 

e-book=

55, e-journal=25

 

e-book=

60,  e-journal= 30

 

e-book=65,

e-journal=30

  1. Prosiding

10 buku

11 buku

15 buku

20 buku

25 buku

30 buku

  1. Majalah ilmiah populer

3

4

10

15

20

25

  1. Bandwidth internet.

10 MB

10 MB

15 MB

20 MB

25 MB

25 MB

  1. Sistem informasi dan pengelolaan data berbasis ICT (LAN,WAN)

 

LAN/WAN

LAN/WAN

WAN

WAN

WAN

WAN

  1. Rasio alat laboratorium dan mahasiswa

1 : 8

1:8

1:8

1:8

1:8

1:8

  1. Pengembangan dan pembangunan laboratorium mini hospital dan laboratorium OSCE Center

10%

45%

85%

100%

100%

100%

  1. Penambahan alat-alat laboratorium dengan unggulan keperawatan kritis

11. Menyediakan dan mengupdate computer based test (CBT)

  1. Mahasiswa dan lulusan
  1. Rata-rata IPK lulusan Tahap Akademik

3.20

3.25

3.30

3.40

3.50

3.50

  1. Rata-rata IPK lulusan Tahap Profesi

3,55

3,60

3,75

3,75

3,75

3,75

  1. Hasil Uji Kompetensi Nasional

54%

85%

95%

100%

100%

100%

  1. Mahasiswa lulus tepat waktu

100%

100%

100%

100%

100%

100%

  1. Pelaksanaan proses belajar mengajar sesuai dengan kurikulum dan peraturan akademik.

100%

100%

100%

100%

100%

100%

  1. Penegakan disiplin bagi dosen dan mahasiswa.

100%

100%

100%

100%

100%

100%

  1. Memfasilitasi wahana praktik sesuai keperawatan kritis

85%

100%

100%

100%

100%

100%

  1. Memfasilitasi aktivitas kegiatan kemahasiswaan

80%

95%

100%

100%

100%

100%

  1. Pelatihan BTCLS

100%

100%

100%

100%

100%

100%

  1. Kuliah Pakar: kegawatdaruratan

  1. Menghasilkan lulusan sarjana keperawatan yang mampu mengaplikasikan ilmu keperawatan khususnya asuhan keperawatan kritis

 

1. Tersedianya modul-modul praktikum keperawatan

        1. Modul praktikum keperawatan

      2.    Modul praktek klinik

2. Terselenggaranya metode pembelajaran laboratorium yang tepat dan sesuai kebutuhan

1.    Simulasi

2.    Role Play

3.    PBL

3.Tersedianya wahana praktik klinik keperawatan  yang mengacu pada kekritisan

  1. MOU dengan rumah sakit swasta

  1. MOU dengan rumah sakit pemerintah

  1. MOU dengan Gadar Medik Indonesia

  1. MOU dengan  BPBD

  1. MOU dengan BCNSP Thailand

4.Terselenggaranya pelatihan  kekritisan

  1. Pelatihan BTCLS

  1. Pelatihan ICU/EKG/Ventilator, DC Syock

  1. Pelatihan Firts Aids

  1. TOT : Skillslab

  1. TOT : EBP in Nursing

 6.   TOT: Preceptorship

 7.   TOT : BTCLS

 8.   TOT : OSCE

3. Menghasilkan lulusan sarjana keperawatan yang mampu sebagai pemimpin dalam kelompok kerja maupun masyarakat

Terselenggaranya metode pembelajaran dan pelatihan kepemimpinan bagi mahasiswa

          1. FGD

2.    Role play MPKP

3.    Training leadership

4. Menghasilkan lulusan sarjana keperawatan yang mampumengelola asuhan keperawatan  khususnya keperawatan kritis

Terlaksananya proses pembelajaran komprehenship

1.    Case study

2.    PBL

3     Laboratorium

4     Pra-klinik

5.     Praktik klinik di RS/komunitas

5. Menghasilkan lulusan sarjana keperawatan yang mampu sebagai pendidik bagi pasien, keluarga, kelompok maupun masyarakat khususnya keperawatan kritis

Terselenggaranya metode pemblajaran yang melatih keterampilan sebagai pendidik

 

 

 

 

            1. Micro teaching

 

  1. Pelatihan public speaking

  1. Role play

  1. Praktik penyuluhan di RS/Keluarga/Komunitas

6. Menghasilkan lulusan sarjana keperawatan yang mampu melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat dalam bidang keperawatan kritis

1. Setiap dosen melakukan penelitian  baik dalam kedudukan sebagai ketua maupun anggota untuk mewujudkan keprawatan kritis dengan  melibatkan mahasiswa

  1. Pelatihan penulisan proposal penelitian ilmiah

  1. Pelatihan EBP in Nursing

  1. Pelatihan penulisan proposal hibah bersaing

  1. Dosen melakukan penelitian 1 kali persemester dengan melibatkan mahasiswa

  1. Dosen mendapatkan hibah penelitian

  1. Dosen melakukan join research

2. Setiap dosen melakukan  pengabdian masyarakat  baik dalam kedudukan sebagai ketua maupun anggota untuk mewujudkan keprawatan kritis dengan  melibatkan mahasiswa

  1. Melaksanakan pelatihan pengabdian kepada masyarakat bagi dosen dan mahasiswa

  1. Dosen melakukan pengabdian masyarakat 1 kali persemester dengan melibatkan mahasiswa

  1. Dosen mendapatkan hibah pengabdian masyarakat

3. Dosen mampu menulis jurnal ilmiah

  1. Pelatihan penulisan jurnal ilmiah

  1. Dosen mampu menulis karya ilmiah pada jurnal lokal

100%

100%

100%

100%

100%

100%

  1. Dosen mampu menulis karya ilmiah pada jurnal nasional

  1. Dosen mampu menulis karya ilmiah pada jurnal nasional terakreditasi

5%

5%

10%

15%

20%

25%

  1. Dosen mampu menulis karya ilmiah pada jurnal internasional

19%

20%

25%

30%

35%

40%

  1. Dosen mampu menulis karya ilmiah pada jurnal internasional terakreditasi

9%

9%

15%

20%

25%

30%

4. Penerbitan jurnal keperawatan

  1. Pelatihan pembuatan jurnal keperawatan