Tujuan
|
Sasaran
|
Strategi
|
Baseline
2015
|
Tahapan pencapaian
|
|
2016
|
2017
|
2018
|
2019
|
2020
|
- Menghasilkan lulusan sarjana keperawatan yang menguasai teori dan konsep ilmu keperawatan khususnya keperawatan kritis
|
- Tersusun dan terlaksananya kurikulum standar nasional dan mengacu pada KKNI
|
-
- Workshop penyusunan kurikulum
|
-
|
-
|
-
|
-
|
√
|
-
|
-
- Penyusunan dan pengesahan kurikulum baru
|
-
|
-
|
-
|
-
|
√
|
-
|
-
- Sosialisasi kurikulum
|
-
|
-
|
-
|
-
|
√
|
√
|
-
- Pelaksanaan kurikulum
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
-
- Melengkapi dan menyempurnakan modul dan SAP
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
-
- Melengkapi dan menyempurnakan sumber belajar
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
-
- Workshop pengembangan metode pembelajaran (SCL)
|
-
|
√
|
-
|
√
|
-
|
-
|
-
- Evaluasi dan peninjauan kurikulum
|
-
|
-
|
-
|
-
|
√
|
-
|
9. Sistem evaluasi pembelajaran menggunakan ICT
|
LAN
|
LAN
|
WAN
|
WAN
|
WAN
|
WAN
|
- SDM yang kompeten dan unggul
|
- Dosen berpendidikan minimal S2
|
95 %
|
100%
|
100%
|
100%
|
100%
|
100%
|
- Dosen berpendidikan S3
|
-
|
-
|
-
|
11%
|
11%
|
43%
|
- Dosen memiliki kepangkatan minimal lector
|
29%
|
38%
|
57%
|
95%
|
100%
|
100%
|
- Dosen memiliki sertifikat (serdos)
|
19%
|
28%
|
38%
|
50%
|
75%
|
100%
|
5. TOT : E-learning/Moodle
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
6. Lecturer exchange
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
- Tenaga kependidikan memiliki jenjang minimal S1
|
90%
|
90%
|
95%
|
95%
|
95%
|
95%
|
- Sarana dan prasarana
|
- Perpustakaan yang representatif (ketersediaan buku sesuai dengan kebutuhan)
|
90%
|
95%
|
100%
|
100%
|
100%
|
100%
|
- Pengembangan perpustakaan sistem online termasuk e-library
|
-
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
- Perpustakaan dengan e-book dan e-jurnal
|
e-book=45 e-journal=
10
|
e-book=
45 e-journal=15
|
e-book=
50 e-journal=20
|
e-book=
55, e-journal=25
|
e-book=
60, e-journal= 30
|
e-book=65,
e-journal=30
|
- Prosiding
|
10 buku
|
11 buku
|
15 buku
|
20 buku
|
25 buku
|
30 buku
|
- Majalah ilmiah populer
|
3
|
4
|
10
|
15
|
20
|
25
|
- Bandwidth internet.
|
10 MB
|
10 MB
|
15 MB
|
20 MB
|
25 MB
|
25 MB
|
- Sistem informasi dan pengelolaan data berbasis ICT (LAN,WAN)
|
LAN/WAN
|
LAN/WAN
|
WAN
|
WAN
|
WAN
|
WAN
|
- Rasio alat laboratorium dan mahasiswa
|
1 : 8
|
1:8
|
1:8
|
1:8
|
1:8
|
1:8
|
- Pengembangan dan pembangunan laboratorium mini hospital dan laboratorium OSCE Center
|
10%
|
45%
|
85%
|
100%
|
100%
|
100%
|
- Penambahan alat-alat laboratorium dengan unggulan keperawatan kritis
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
11. Menyediakan dan mengupdate computer based test (CBT)
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
- Mahasiswa dan lulusan
|
- Rata-rata IPK lulusan Tahap Akademik
|
3.20
|
3.25
|
3.30
|
3.40
|
3.50
|
3.50
|
- Rata-rata IPK lulusan Tahap Profesi
|
3,55
|
3,60
|
3,75
|
3,75
|
3,75
|
3,75
|
- Hasil Uji Kompetensi Nasional
|
54%
|
85%
|
95%
|
100%
|
100%
|
100%
|
- Mahasiswa lulus tepat waktu
|
100%
|
100%
|
100%
|
100%
|
100%
|
100%
|
- Pelaksanaan proses belajar mengajar sesuai dengan kurikulum dan peraturan akademik.
|
100%
|
100%
|
100%
|
100%
|
100%
|
100%
|
- Penegakan disiplin bagi dosen dan mahasiswa.
|
100%
|
100%
|
100%
|
100%
|
100%
|
100%
|
- Memfasilitasi wahana praktik sesuai keperawatan kritis
|
85%
|
100%
|
100%
|
100%
|
100%
|
100%
|
- Memfasilitasi aktivitas kegiatan kemahasiswaan
|
80%
|
95%
|
100%
|
100%
|
100%
|
100%
|
- Pelatihan BTCLS
|
100%
|
100%
|
100%
|
100%
|
100%
|
100%
|
- Kuliah Pakar: kegawatdaruratan
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
- Menghasilkan lulusan sarjana keperawatan yang mampu mengaplikasikan ilmu keperawatan khususnya asuhan keperawatan kritis
|
1. Tersedianya modul-modul praktikum keperawatan
|
-
-
-
- Modul praktikum keperawatan
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
2. Modul praktek klinik
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
2. Terselenggaranya metode pembelajaran laboratorium yang tepat dan sesuai kebutuhan
|
1. Simulasi
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
2. Role Play
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
3. PBL
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
3.Tersedianya wahana praktik klinik keperawatan yang mengacu pada kekritisan
|
- MOU dengan rumah sakit swasta
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
- MOU dengan rumah sakit pemerintah
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
- MOU dengan Gadar Medik Indonesia
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
- MOU dengan BPBD
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
- MOU dengan BCNSP Thailand
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
4.Terselenggaranya pelatihan kekritisan
|
- Pelatihan BTCLS
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
- Pelatihan ICU/EKG/Ventilator, DC Syock
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
- Pelatihan Firts Aids
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
- TOT : Skillslab
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
- TOT : EBP in Nursing
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
6. TOT: Preceptorship
|
√
|
-
|
√
|
-
|
-
|
-
|
7. TOT : BTCLS
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
8. TOT : OSCE
|
-
|
√
|
-
|
-
|
-
|
-
|
3. Menghasilkan lulusan sarjana keperawatan yang mampu sebagai pemimpin dalam kelompok kerja maupun masyarakat
|
Terselenggaranya metode pembelajaran dan pelatihan kepemimpinan bagi mahasiswa
|
-
-
-
-
- FGD
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
2. Role play MPKP
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
3. Training leadership
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
4. Menghasilkan lulusan sarjana keperawatan yang mampumengelola asuhan keperawatan khususnya keperawatan kritis
|
Terlaksananya proses pembelajaran komprehenship
|
1. Case study
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
2. PBL
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
3 Laboratorium
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
4 Pra-klinik
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
5. Praktik klinik di RS/komunitas
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
5. Menghasilkan lulusan sarjana keperawatan yang mampu sebagai pendidik bagi pasien, keluarga, kelompok maupun masyarakat khususnya keperawatan kritis
|
Terselenggaranya metode pemblajaran yang melatih keterampilan sebagai pendidik
|
-
-
-
-
-
- Micro teaching
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
- Pelatihan public speaking
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
- Role play
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
- Praktik penyuluhan di RS/Keluarga/Komunitas
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
6. Menghasilkan lulusan sarjana keperawatan yang mampu melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat dalam bidang keperawatan kritis
|
1. Setiap dosen melakukan penelitian baik dalam kedudukan sebagai ketua maupun anggota untuk mewujudkan keprawatan kritis dengan melibatkan mahasiswa
|
- Pelatihan penulisan proposal penelitian ilmiah
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
- Pelatihan EBP in Nursing
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
- Pelatihan penulisan proposal hibah bersaing
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
- Dosen melakukan penelitian 1 kali persemester dengan melibatkan mahasiswa
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
- Dosen mendapatkan hibah penelitian
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
- Dosen melakukan join research
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
2. Setiap dosen melakukan pengabdian masyarakat baik dalam kedudukan sebagai ketua maupun anggota untuk mewujudkan keprawatan kritis dengan melibatkan mahasiswa
|
- Melaksanakan pelatihan pengabdian kepada masyarakat bagi dosen dan mahasiswa
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
- Dosen melakukan pengabdian masyarakat 1 kali persemester dengan melibatkan mahasiswa
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
- Dosen mendapatkan hibah pengabdian masyarakat
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
3. Dosen mampu menulis jurnal ilmiah
|
- Pelatihan penulisan jurnal ilmiah
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
- Dosen mampu menulis karya ilmiah pada jurnal lokal
|
100%
|
100%
|
100%
|
100%
|
100%
|
100%
|
- Dosen mampu menulis karya ilmiah pada jurnal nasional
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
- Dosen mampu menulis karya ilmiah pada jurnal nasional terakreditasi
|
5%
|
5%
|
10%
|
15%
|
20%
|
25%
|
- Dosen mampu menulis karya ilmiah pada jurnal internasional
|
19%
|
20%
|
25%
|
30%
|
35%
|
40%
|
- Dosen mampu menulis karya ilmiah pada jurnal internasional terakreditasi
|
9%
|
9%
|
15%
|
20%
|
25%
|
30%
|
4. Penerbitan jurnal keperawatan
|
- Pelatihan pembuatan jurnal keperawatan
|