Seminar & Worskhop Optimasi Kuliah dengan Kerangka Sistem Pembelajaran Daring Indonesia (SPADA)

Untuk meningkatkan mutu pembelajaran di  Program Studi  Ners Universitas Sari Mutiara Indonesia Medan, pada tanggal : 8 – 10 Agustus 2018, Ns. Masri Saragih, S.Kep, M.Kep dan Burhanuddin Damanik, M.Kom mengikuti Seminar dan Worshop Optimasi Kuliah dengan Kerangka Sistem Pembelajaran Daring Indonesia (SPADA) di Hotel Same Malang, Jawa Timur.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Tim SPADA Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Wilayah VII Jawa Timur dan Ibu Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, MP selaku Direktur Pembelajaran Kemenristek DIKTI.

Pada acara seminar membahas tentang Sistem Pembelajaran Daring Indonesia (SPADA) dalam Pendidikan Tinggi 4.0 dengan beberapa topik antara lain Kuliah Daring (Sistem Pembelajaran Daring / SPADA) ; Evaluasi Belajar ; Karakteristik Pembelajaran PJJ ; Persyaratan PJJ ; Sumber Daya Manusia dalam PJJ (Pendidik) ; Modus Penyelenggaraan PJJ ; Pembiayaan PJJ ; Penjaminan Mutu Penyelenggaraan PJJ.

Sedangkan materi workshop mempelajari tentang Komponen dan Pembahasan RAT (Rancangan Aktivitas Tutorial) ; format RAT ; Penyajian materi daring, materi terbuka, asessmen / pengukuran, komponen kelengkapan mata kuliah pada SPADA, peran tutor pada pembelajaran daring.

Learn Management System yang digunakan memakai Moodle untuk penyusunan materi interaktif dengan memasukkan bahan dan materi ajar ke elearning, membuat materi perkuliahan dari awal hingga UTS (8 kali pertemuan), proses optimasi learning manajemen system dan online di web kuliah online kampus. Untuk menjaga keamanan system yang dibangun, para peserta juga diberi pembelaran dengan NICE Mapping Cyber Security.

Bagikan ke Sosial Media

Tags: